Bunter Kiwari - Gapura Desa Bunter

Advertisemen
PEMDES Bunter - Gapura adalah suatu struktur berupa pintu masuk atau pintu gerbang ke suatu kawasan. Dalam bidang arsitektur gapura sering disebut dengan entrance, yang memang diartikan sebagai pintu masuk atau pintu gerbang dalam bahasa Indonesia. Namun entrance itu sendiri tidak bisa diartikan sebagai gapura. Gapura juga dapat dijadikan sebagai simbol, dimana simbol yang dimaksudkan disini bisa juga diartikan sebuah ikon suatu wilayah atau area. Secara hirarki sebuah gapura bisa disebut sebagai ikon karena gapura itu sendiri lebih sering menjadi komponen pertama yang dilihat ketika kita memasuki suatu wilayah.

Gapura bukan semata-mata bangunan fisik yang diartikan sebagai pintu gerbang, tanda batas kota, kabupaten, desa atau kampung. Menurut tradisi, gapura merupakan wujud ungkapan selamat datang yang familiar, ramah, welcome. Gapura mewakili keramahan dan rasa hormat tuan rumah kepada setiap orang atau tamu yang datang.

Gapura Desa  Bunter - Kiri

Gapura Desa  Bunter

Gapura Desa  Bunter - Kanan

Demikian pula Pembangunan gapura masuk Kantor Desa Bunter, Kecamatan Sukadana ini bertujuan untuk menampilkan identitas atau ikon Kantor Desa Bunter, memperindah tampilan serta sebagai ungkapan keramahan dan rasa hormat kepada masyarakat maupun semua tamu yang berkunjung ke kantor desa. Keberadaan Gapura ini menjadi sangat penting karena letak Kantor Desa Bunter yang cukup strategis.

Pada akhirnya, dengan pembangunan gapura kantor desa ini diharapkan masyarakat lebih mengenal Desa Bunter sebagai desa yang ramah dan asri. Terlpas dri  Bunter Tempo Doeloe seperti apa dn Bagaimana Sejarah Bunter, ssemua sangaat indah dan artistik. untuk dikenang.
Advertisemen